Sabtu, 30 November 2013



ARTI BISNIS SECARA LUAS


            Bisnis merupakan kegiatan yang telah terjadi dalam ruang lingkup kehidupan kita. Bisnis atau yang lebih dikenal enterprenuer merupakan kegiatan yang berhubungan dengan barang. Kini bisnis telah merambah kegolongan besar, ,menengah maupun kecil. Untuk lebih jelas mari kita pelajari tentang bisnis dalam artikel ini.

Menurut pakar ekonomi

         Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha2 manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas, dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas
      Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran
Ilmu ekonomi dapat di bagi menjadi 2 kelompok:

1.      Ekonomi makro, yang membahas ekonomi secara keseluruhan (agregatif), seperti ekonomi umumdan ekonomi Negara / pemerintahan.
2.      Ekonomi mikro, yang membahas ekonomi secara fungsional, seperti ekonomi perusahaan ekonomi rumah tangga.
3.      Istilah-istilah dalam ilmu ekonomi :
4.      Inflasi, adalah penurunan mata uang yang tajam terhadap nilai mata uang dari suatu Negara, yang mengakibatkan terjadinya kenaikan tingkat harga2 dengan cepat.
5.      Devaluasi, penurunan nilai mata uang sendiri terhadap mata uang luar negeri.
6.      GDP/gross domestic product(income per capita) adalah produk bruto yang di hasilkan oleh penduduk atau perusahaan yang berada/ tinggal di wilayah Negara RI.
7.      GNP/gross national product(pendapatan nasional), adalah produk bruto yang di hasilkan oleh penduduk atau perusahaan WNI , baik yang tinggal /berada di Indonesia maupun luar negri.

            Menurut webter’s dictionary perusahaan adalh bussines establishment or commercial house yaitu lembaga bisnis /badan komersial.
1.      Menurut J.C Rietveldt perusahaan / badan usaha adalah suatu organisasi perusahaan yang di tujukan untuk memeperoleh pendapatan / penghasilan.

2.      Menurut basu swasta D.H ibnu sukotjo W. perusahaan adlah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengoordinasikan sumber2 ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

3.      Menurut murti sumarni dan john soeprihanto perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber2 ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.


Apabila antara ilmu ekonomi dan perusahaan di hubungkan maka ilmu ekonomi perusahaan mempunyai pengertian sbb:

1.      Ilmu yang mempelajari gejala2 ekonomidi dalam perusahaan

2.      Bagian dari ilmu ekonomi mikro yang mempelajari gejala2 perusahaan.

           Pengertian bisnis menurut skinner(1992), bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan / memberikan manfaat Perusahaan bisnis adalah suatu organisasi yang terlibat dalam pertukaran barang , jasa atau uang untuk menghasilkan keuntungan. Raymond E.Glos et.al (1976) menyebutkan bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang di organisasi oleh orang2 yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry, menyediakan barang, dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup meraka.
Secara sederhana , bisnis adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih yang terorganisasi dalam mencari laba melalui penyediaan produk yang di butuhkan oleh masyarakat.
Pada pokoknyanya, keg atan bisnis memiliki cakupan sbb:
ü  Perdagangan
ü  Pengangkutan
ü  Penyimpanan
ü  Pembelanjaan
ü  Pemberian informasi

Prinsip ekonomi yaitu efisien dan efektif.
Arti prinsip ekonomi adalah dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Efisien adalah bahwa kegiatan ekonomi bertitik berat pada pada segi pengorbanan yaitu menekan biaya seminimal mungki,tetapi tidakmengurangi hasil yang di rencanakan.
Efektif bertitik berat pada sasaran yaitu bagaimana memperoleh hasil hasil yang maksimaldengan tidak menambah biaya maksimal.
Menurut para pakar ekonomi klasik, tujuan didirikannya suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan.
Penelitian George w. England tujuan perusahaan yaitu:
ü  Profitability
ü  Productivity
ü  Growth
ü  Employee satisfaction
ü  Community interest
Menurut skinner (1992) tujuan bisnis adalah :
ü  Mencari keuntungan atau profit
ü  Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
ü  Pertumbuhan perusahaan
ü  Tanggung jawab social


DAFTAR PUSTAKA:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Followers