E-COMMERCE
E-Commerce
adalah sebuah proses perdagangan yang dilakukan secara online. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat
barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat
melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang
dilakukan melalui email.Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi
ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti
Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape,
bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta
perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat
standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman.
Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna
credit cardnya yang menggunakan e-com. Adapun proses yang terdapat dalam
E-Commerce adalah sebagai berikut :
1. Presentasi electronis
(Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan secara langsung dan
tersedianya tagihan.
3. Secar otomatis account
pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
4. Pembayaran yang dilakukan
secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun keuntungan yang
diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan
adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan pendapatan dengan
menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya-biaya yang
berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan
sebagainya.
3. Mengurangi keterlambatan
dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat
langsung dicek.
4. Mempercepat pelayanan ke
pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.
B. Contoh E-Commerce.
Banyak sekali yang dapat kita
lakukan melalui E-Commerce yaitu :
1. Pembelian buku melalui online.
2. Pembelian elektronik melalui
online.
3. Pembelian kendaraan melalui
online.
4. Pembelian pakaian melalui
online, dll
C. Dampak Positif dan
Negatif E-Commerce.
Didalam dunia E-Commerce pasti
terdapat dampak positif dan negativenya.
Dampak positifnya, yaitu :
1. Revenue Stream (aliran
pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di
sistem transaksi tradisional.
2. Dapat meningkatkan market
exposure (pangsa pasar).
3. Menurunkan biaya
operasional(operating cost).
4. Melebarkan jangkauan (global
reach).
5. Meningkatkan customer
loyality.
6. Meningkatkan supplier
management.
7. Memperpendek waktu produksi.
8. Meningkatkan value chain (mata
rantai pendapatan).
Dampak negativenya, yaitu :
1. Kehilangan segi finansial
secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari
rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial
yang ada.
2. Pencurian informasi rahasia
yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia
tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian
yang besar bagi si korban.
3. Kehilangan kesempatan bisnis
karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti
aliran listrik tiba-tiba padam.
4. Penggunaan akses ke sumber
oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol
sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang
lain ke rekeningnya sendiri.
5. Kehilangan kepercayaan dari
para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan
dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan
tersebut.
6. Kerugian yang tidak terduga.
Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek
bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia
atau kesalahan sistem elektronik.
Daftar pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar