Sabtu, 30 November 2013

MARI BERBISNIS MAKANAN

MARI BERBISNIS MAKANAN

Dalam menghadapi kerasnya era globalisasi saat ini. Bisnis atau usaha merupakan langkah pasti dalam menanganinya. Bisnis adalah sebuah kegiatan atau aktifitas tertentu yang bertujuan mendapatkan uang serta keuntungan. Dalam mendapatkan keuntungan segala faktor harus sangat mendukung, mulai dari faktor internal maupun eksternal. Bisnis bukan hanya berkaitan dengan perusahaan. Warung nasi pedang merupakan suatu bisnis yang bersifat bisnis rumahan. Pada artikel ini kita akan membahas bisnis sederhana yaitu bisnis Warung Masakan Padang. Tanpa disadari perubahan zaman membuat setiap golongan menyukai sesuatu yang terdapat pada golongan lain. Hal ini terbukti dengan beredarnya warung masakan padang yang telah ada dimana-mana saja. Dari pandangan seorang budayawan, hal tersebut berdampak positif, karena melestarikan salah satu budaya yang terdapat pada negri kita yang tercinta ini. Adapun pandangan dari seorang wirausahawan mengenai hal ini, yaitu tentunya hal ini dapat dijadikan peluang bisnis besar, yang mungkin saja berpotensi membuka peluang bisnis dinegri lain. Berbisnis seperti ini tentunya  memiliki beberapa faktor yang akan menunjang keberhasilan. Adapun faktornya adalah sebagai berikut: 

1.      Membuat daftar menu.
Mencari informasi menu masakan apa saja yang menjadi andalan rumah makan padang. Biasanya masakan padang terdiri dari nasi dan rebusan daun singkong serta sayur nangka yang dilengkapi dengan sambal dan aneka pilihan lauk pauk lainnya. Seperti misalnya rendang, empal, sate padang, ayam bakar padang, gulai ayam, gulai ikan, tunjang (kikil sapi), usus sapi, cumi, telur, paru sapi, dan yang tak ketinggalan adalah siraman kuah santan yang memperkaya cita rasa khas masakan padang.

2.      Memilih lokasi usaha yang strategis.
Karena pangsa pasar yang dibidik sangatlah luas, maka lokasi usaha yang cukup potensial antara lain di sekitar komplek kampus, perkantoran, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, ataupun di sekitar tempat-tempat umum seperti terminal, bandara, stasiun, dan rumah sakit. Yang terpenting adalah perhatikan kebersihan lokasi agar konsumen tidak ragu untuk mampir ke warung Anda.

3.      Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan usaha.
Beberapa peralatan yang wajib Anda siapkan adalah etalase untuk memajang masakan, perabot masak, peralatan makan, serta perlengkapan ruang usaha seperti meja dan kursi pelanggan.

4.      Hargai yang tepat.
Tawarkan harga yang cukup terjangkau. Pada dasarnya rumah makan padang dikenal masyarakat sebagai salah satu tempat makan yang harga makanannya cukup terjangkau. Karena itu tawarkan harga yang bersahabat dengan konsumen, misalnya saja per porsinya berkisar Rp 8.000,00 hingga Rp 15.000,00 tergantung jenis lauk yang dipilih.

5.      Cita rasa masakan
Perhatikan cita rasa masakan yang anda tawarkan. Masakan padang biasanya memiliki cita rasa yang cukup pekat dari bumbu rempah-rempah. Karena itu, jaga kualitas rasa yang Anda tawarkan agar tidak mengecewakan para konsumen.

      Dari beberapa faktor diatas, sesungguhnya tidaklah sulit dalam mendirikan bisnis ini. Akan tetapi dalam konteks diatas, berdampak pula pada persaingan yang ketet. Siapa yang tidak akan berebut berbisnis seperti ini. Jika faktor penunjang kesuksesannya sangatlah mudah, apalagi saat ini kita berada dizaman ekonomi. Segala sesuatunya harus  berdampingan dengan uang. Dalam menangani setiap persaingan tentang bisnis ini, kiranya seorang wirausahawan harus mampu berfikir kritis, kreatif, dan tanggap. Menurut pribadi saya, ada beberapa faktor yang dapat menunjang keberhasilan bisnis ini selain faktor yang terdapat diatas:
1.      Pelayanan yang baik.
Pelayanan merupakan suatu unsur yang akan berdampak langsung pada konsumen. Pelayanan yang perlu diterapkan seperti, pemesanan dilakukan bukan dengan melalui  antrean, melainkan pesanan awalnya ditanyakan oleh seorang waiter kepada konsumen yang telah duduk dikursi makan tentang hidangan yang dipesan. Point ini tentunya membuat konsumen menjadi merasa terhormat atau dihargai, sehingga timbul rasa ingin mengunjungi tempat ini lagi.
2.      Kebersihan tempat dan fasilitasnya.
Salah satu penunjang tercipta warung makan yang baik yaitu, terjaganya kebersihan yang baik dan fasilitas umum yang tersedia. Salah satu contoh kebersihan yang baik ialah berisihnya lantai, meja makan, piring makanan, dll. Dalam meningkatkan kepuasan konsumen, maka pemilik usaha harus menyediakan fasilitas umum yang pastinya akan dibutuhkan konsumen, contohnya toilet wanita dan pria, penyejuk udara atau kipas angin, dan tempat parkir.
Dari faktor yang telah dijelaskan di atas, setidaknya kita telah memiliki pandangan dalam membuka warung makan Padang. Kunci sukses dalam mendirikan bisnis ini pada intinya masakan yang lezat, harga merakyat, keramahan dan kebersihan serta fasilitas yang baik. Disamping itu, untuk meningkatkan omset penjualan dan loyalitas para pelanggan, bisa Anda lakukan dengan cara menerima pesanan nasi box atau nasi bungkus untuk acara-acara tertentu dan memberikan layanan pesan antar untuk pembelian produk dalam jumlah yang cukup banyak. Dengan begitu, konsumen semakin puas dengan pelayanan Anda dan mereka tak sungkan-sungkan menjadi pelanggan tetap Anda.
`               Menjalankan bisnis rumahan sangat memerlukan analisis yang tajam. Hal tersebut berguna sebagai menimalisir kerugian. Dalam bisnis rumahan ini sering kali pasang surut pelanggan di hari-hari tertentu, sehingga dalam meyediakan perlu diperhitungkan. Hal ini berguna pula untuk kualitas makanan yang disajikan untuk pembeli. Tentunya dalam bisnis ini, terkadang mengalami penyusutan pembeli dan mengakibatkan hidangan makanan siap saji tidak habis. Biasanya sang pemilik menanganinya dengan cara menghidangkannya untuk hari berikutnya. Hal ini merupakan salah satu keunggulan bisnis ini, tetapi dampaknya akan mendapat penilaian kurang baik dimata konsumen. Maka dengan itu perlunya analisis dalam menghidangkan kwantitas makanan. Selain itu analisis yang tajam sangat diperlukan untuk menangani para pesaing. Karena sesungguhnya bisnis ini telah mewabah dari golongan menengah hingga golongan atas. Bukan hanya persaingan dengan bisnis yang sama, tetapi bersaing juga dengan bisnis warung tegal (WARTEG), dan lain-lain. Untuk mengetahui perkembangan bisnis nya, sang pemilik kiranya harus selalu membandingkan setiap hari atau perminggu omset yang di dapatnya dengan omset yang sebelumnya ia dapat. Hal itu bertujuan sebagai penganalisis perkembangan bisnisnya.
                Dalam membangun usaha perumahan tentunya diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam menjalankannya. Hal ini tetntunya sangat diperlukan, karena dalam membangun usaha bisnis ini diperlukan proses untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan yang maksimal. Semoga dengan artikel yang saya buat ini berguna untuk anda, khususnya untuk para wirausahawan muda yang ingin mendirikan bisnis rumahan ini.
Lets’ go


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Followers